Praktek Kerja Lapangan

PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL)

PKL  adalah praktek magang kerja oleh mahasiswa Manajemen Perhotelan di semester 7 (tujuh) yang dilakukan di hotel dan restoran baik yang berada di Indonesia maupun di luar Indonesia (Singapore, Malaysia, China, Belanda). Hotel dan restoran yang akan dijadikan tempat magang kerja dapat ditentukan oleh Program Manajemen Perhotelan atau dicari sendiri oleh mahasiswa yang akan melakukan PKL dengan ketentuan hotel dan restoran yang bersangkutan memenuhi persyaratan Program Manajemen Perhotelan dan bersedia melakukan kerjasama untuk PKL.  Beban studi PKL ditetapkan sebesar 6  (enam) SKS.

Persyaratan umum yang harus dipenuhi oleh mahasiswa yang akan melakukan PKL adalah:

  1. Telah menempuh dan menyelesaikan minimal 131 (seratus tiga puluh satu) SKS
  2. Lulus mata kuliah Manajemen Tata Boga dan Patiseri, Tata Graha dan Kantor Depan, Tata Hidang dan Bar, serta Komunikasi bisnis dan Lintas Budaya.

Sedangkan untuk mahasiswa yang akan melakukan PKL ke Luar Negeri harus memenuhi persyaratan tambahan yaitu:

  • IPK min. 2,50
  • Lulus TOEFL dengan minimum skor 500 (China, Malaysia, Singapore)
  • Lulus TOEFL (IBT) dengan minimum skor 550 (Belanda)

 

EVALUASI KEBERHASILAN STUDI AKHIR

Mahasiswa dinyatakan telah menyelesaikan program pendidikan sarjana ekonomi (S1) pada Program Manajemen Perhotelan dan berhak mendapatkan ijasah negara serta gelar Sarjana Ekonomi apabila telah memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  1. Sudah dinyatakan lulus semua mata kuliah dengan nilai minimal C dan tugas akhir yang diprogramkan untuk masa studi sarjana dengan beban studi seluruhnya 144 SKS dan IPK minimal 2,00.
  2. Keberhasilan studi baru dapat dikukuhkan oleh Rektor Universitas Kristen Petra setelah menyelesaikan semua ketentuan administrasi Universitas Kristen Petra.